Monthly Archives: July 2021

Mobil Listrik Lightyear bisa menempuh jarak hingga 700 km

mengandalkan tenaga matahari memang masih jarang terlihat. Namun, pemain baru yang satu ini rupanya cukup berani dengan menyiapkan mobil listrik bertenaga surya.

perusahaan otomotif asal Belanda saat ini kedapatan tengah melakukan pengujian mobil terbarunya Lightyear One di Jerman dan tercatat dapat menempuh perjalanan 700 km dengan sekali pengisian daya.

tidak hanya menawarkan kendaraan yang mampu berjelajah sejauh kompetitornya tetapi juga memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Kabarnya kendaraan ini memiliki konsumsi tenaga sekitar 11,8 km per kWh sedangkan jika dibandingkan dengan Tesla Model 3 yang hanya mencapai 8,46 km per kWh.

mobil bertenaga surya yang dikembangkan oleh Lightyear ini sebenarnya sudah berjalan beberapa tahun belakangan. Meski demikian pada tahun lalu, perusahaan Lightyear sempat mengumumkan jika kendaraannya tersebut dapat berjalan hingga 724 km dengan sekali pengisian daya.

Lightyear telah melakukan pengujian ulang dengan standarisasi EPA dan WLTP untuk menghasilkan angka spesifikasi yang resmi dan sesuai dengan kendaraan listrik lainnya.

Belum ada detail mengenai harga dan spesifikasi yang terdapat di dalam Lightyear One, namun teknologi yang ditawarkan rasanya akan lebih menarik lagi untuk dinantikan. Jika merujuk pada foto, Lightyear One akan menggunakan panel solar di sekitar kap mesin dan atap mobil.

keluaran terbaru BMW 2 Series

Tidak seperti evolusi terkini model BMW, 2er generasi G42 cenderung terlihat sederhana Tidak seperti line-up flagship atau 4er berikut keturunan divisi Motorsport yang terjangkit virus inflamasi rongga hidung.

memiliki diferensiasi karakter yang terbilang sangat kuat. Menyuarakan jati diri 2 Series, bukan sebatas versi kecil dari sekelompok seri di atasnya.

Masing-masing sisi lampu utama hanya mengadopsi satu unit pemendar LED – mengikuti komposisi mata 02. Juga dimensi lampu belakang cenderung mengotak dan berukuran kompak ketimbang mengusung komposisi horizontal.

spesifik 2er G42, lain cerita dalam kabin. Terutama di dasbor, nuansanya familiar mirip kepunyaan 3er atau 4er teranyar. Lihat saja kisi AC dan tombol pengaturan terpadu dalam satu klaster trapezoidal.

AC otomatis tiga zona dan kaca depan dengan lapisan akustik hadir untuk seluruh varian. Dapat dibikin semakin lengkap berisi pemanas setir, bangku elektrik plus fungsi memori, atau ambient lighting dengan visual menarik di door trim.

enam silinder 3.000 cc TwinPower Turbo yang sanggup gelontorkan tenaga sampai 374 hp dan torsi 500 Nm menuju keempat roda. Tenaganya meningkat sampai 34 hp dari model eksis.

 handling seperti M Sport suspension atau variable sport steering wheel. Bahkan M240i xDrive disematkan racikan komponen khusus termasuk M Sport suspension, M Sport brake, M Sport differential, dan penguat struktur di depan. dinantikan pula kehadiran M2 atau mungkin versi paling buas M2 CS di masa mendatang.

mobil listrik Morris Garage ZS belum dipasarkan di ri

sudah diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, April 2021 lalu Namun hingga kini belum ada tanda-tanda mobil listrik ini akan dipasarkan.

populasi mobil listrik belum banyak dan infrastruktur charging station belum memadai, banyak brand-brand otomotif dunia memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Merek asal Inggris yang kini dimiliki grup Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) asal China itu sudah meluncurkan mobil listrik full baterai, MG ZS EV, April lalu di IIMS Hybrid 2021.

ukuran MG ZS EV sama dengan versi bensin, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dengan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Melirik spesifikasi jantungnya, MG ZS EV dibekali baterai Lithium-Ion berkapasitas 44,5 kWh yang menyalurkan tenaga ke motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor di bagian depan.

Tenaga dari motor listrik tersebut bisa mengeluarkan 110 kilowatt atau 150 dk dan torsinya mencapai 350 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8,2 detik.

pengisian baterai pengisian cepat dari kosong hingga 80 persen bisa memakan waktu 30 menit , sedangkan untuk pengecasan normal hingga penuh diklaim dalam waktu 6,5 jam.

MG ZS EV tertera memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 413 juta dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Rp 433,6 juta. Sedangkan Hyundai Kona Electric memiliki harga NJKB Rp 476 juta dan DPP Rp 499,8 juta.