Monthly Archives: August 2021

Panas Berlebih Dapat Menyebabkan Mobil Terbakar, Berikut Penyebabnya

Sudah tidak asing kita mendengar terjadinya kebakaran pada mobil secara tiba-tiba atau bahkan pada saat mobil digunakan. Taukah kalian mengapa mobil dapat terbakar secara tiba-tiba tersebut? Kebakaran pada mobil dikarenakan mesin mobil yang terlalu panas atau dapat disebut dengan overheat.

Mobil yang biasa mengalami overheat banyak penyebabnya, tidak hanya dari air radiator yang kurang. Dapat juga karena ada kebocoran, kipas radiator mati, katup thermostat macet dan juga water pump yang mati sebagai penyebab mesin overheat. Selain itu, penyebabnya adalah karena menggunakan oli yang tidak berkualitas bahkan ilegal. Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk pengguna mobil agar menggunakan oli mesin yang berkualitas agar tidak membahayakan dirinya sendiri. Berikut adalah penyebab mobil mengalami overheat:

Kerusakan Radiator

Radiator merupakan komponen yang vital sifatnya jika membicarakan tentang suhu mesin mobil. Jika radiator mengalami masalah, maka secara otomatis sistem pendingin akan mengalami kekacauan juga sehingga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Biasanya, saluran radiator yang kotor karena tersumbat kotoran dapat menjadi penyebab masalah yang satu ini sehingga cairan pendingin tidak dapat terdistribusi dengan maksimal.

Matinya Kipas Pendingin

Kipas yang terdapat pada bagian radiator ini berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar untuk mendinginkan mesin yang ada di sisi satunya. Jika kipas ini mengalami masalah kerusakan atau kesalahan pada saat pemasangannya, maka kenaikan suhu pasti akan terjadi yang berujung kepada overheat. Maka dari itu, pastikan selalu kondisi kipas mesin mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik.

Tidak Berfungsinya Thermostat

Thermostat adalah alat pengukur suhu yang ada di dalam mesin mobil. Alat ini berhubungan dengan sistem kerja radiator. Alat yang berfungsi sebagai pengatur air radiator ini mengatur air agar tetap berada di dalam radiator. Sedangkan pada saat panas, alat ini akan mengatur air agar masuk ke dalam mesin untuk mendinginkannya.

Radiator Bocor

Penyebab mesin mobil overheat selanjutnya adalah radiator yang bocor. Radiator bocor biasanya disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator. Ini dikarenakan radiator diisi selain air radiator (coolant/cairan pendingin). Kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam dan terjadilah reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Karena korosi tersebut, radiator yang berbahan logam akan terkikis dan menyebabkan kebocoran. Pada kebocoran ini, cairan pendingin menjadi terbuang sehingga tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan. Kalau cairan pendingin tidak mendinginkan mesin dalam waktu yang lama, sehingga mesin mobil mengalami panas berlebih atau biasa disebut overheat.
Dapat diketahui itulah penyebab umum pada mobil yang mengalami mesin yang terlalu panas atau overheat.

Toyota Agya GR Sport

terkena dampak peralihan trim TRD Sportivo. Sama seperti empat model lainnya, kasta tertingginya kini mengusung nama GR Sport. Saat ini dilego Rp 154.545.000 untuk opsi manual dan Rp 170.390.000 untuk girboks otomatis.

Kurang lebih hanya berganti nama sebab dari segi gaya boleh dibilang sangat mirip. Masih mengadopsi segala tempelan bodikit sporty nan sibuk mulai dari bumper spoiler depan, side skirt, aksesori pemanis bumper belakang, dan roof spoiler.

jeroan headlamp hitam ala smoked lamp yang berisi unit pendar halogen projector komplet LED light guide. Berdiam dalam aransemen wajah ke-“reli-relian” dengan tulang pipi mengotak dan apron besar melebar ke bawah.

bagian kabin dan gimiknya mengikuti model facelift terakhir. Sebut saja eksistensi fitur engine start/stop button meski belum menganut smart entry. Di samping itu, head unit touchscreen dengan panel AC digital mengisi center stack lebih rapi.

Tidak ada revisi output, tetap sanggup suguhkan tenaga 88 PS dengan torsi 108 Nm ke roda depan. Pengantaran daya sendiri dapat terlaksana via transmisi otomatis empat percepatan atau manual 5 speed.

Agya GR Sport tidaklah berbeda dari TRD Sportivo. Diferensiasi utama hanya sebatas aksen warna bodikit dan badge identitas sementara sisanya serupa. Seleksi warna sekalipun sama, meliputi Red, Orange Metallic, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Black.

Toyota Land Cruiser 300 mulai dijual 600 jutaan

Land Cruiser 300 penerus jip Toyota resmi mengaspal di Jepang dengan banderol mulai dari 5,1 juta Yen atau sekitar Rp 670 jutaan.

untuk varian terendah, GX bermesin bensin twin-turbo. Di atasnya masih ada lagi AX senilai 5,5 juta Yen (Rp 723 jutaan), VX 6,3 juta Yen (Rp 828 jutaan), ZX 7,3 juta Yen (Rp 959 jutaan), dan puncaknya diduduki GR Sport 7,7 juta Yen (Rp 1,012 miliar). Di samping itu, ada seleksi pemacu diesel twin-turbo untuk dua trim teratas seharga 7,6 juta Yen (Rp 999 jutaan) dan 8 juta Yen (Rp 1,05 miliar).

Mengusung sistem E-KDSS (Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System) yang dapat mengatur kuncian stabilizer depan dan belakang secara independen. Meningkatkan stabilitas di jalan beraspal plus menambah kapabilitas menerjang medan berat.

meningkat 20 persen dari seri 200. Belum lagi disempurnakan diet bodi 200 kg dengan bonnet, atap, dan panel pintu aluminium. Diramaikan penyempurnaan balans bobot dengan revisi posisi mesin lebih mundur dan turun.

Unit peminum bensin V35A-FTS 3.500 cc siap gelontorkan 415 PS dengan torsi 650 Nm. Sementara itu, model diesel F33A-FTV 3.300 cc hadirkan 309 PS dan torsi buas 700 Nm.

SPEC A/T DIESEL seharga Rp 2,21 miliar dan 200 FULL SPEC A/T DIESEL yang dijual Rp 2,56 miliar. Keduanya menggunakan mesin 1 VD – FTV, V8, 32 Valves, DOHC, Diesel Commonrail berkapasitas 4,461 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi 62.8 Nm di 1,800 – 2,200 rpm.