Monthly Archives: May 2021

beda penggunaan mesin 1.000cc dengan 2.000cc

mesin 1.000cc tergolong hal baru di Indonesia, sebab biasanya teknologi ini disematkan di mesin-mesin berkapasitas besar, seperti 2.000cc ke atas.

mesin yang lebih kecil, misal 1.000cc, penggunaan turbo memiliki dua fungsi, yakni untuk mendongkrak tenaga, namun di sisi lain juga untuk menekan konsumsi bahan bakar.

penggunaan turbo ini tidak hanya bisa untuk meningkatkan performa tapi juga bisa mengefisiensikan atau mengoptimalkan penggunaan bahan bakar.

1.000cc ini ketika disematkan turbo, dia bisa mengeluarkan power yang lebih tinggi seperti halnya mobil 1.500cc. Namun dalam hal efisiensi bahan bakar, dia bisa jauh lebih irit dari mesin 1.500cc.

Daihatsu Rocky dibekali mesin 998 cc 3 silinder, turbocharger, 1KR-VET, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 149 Nm di rentang 2.400 rpm-4.000 rpm.

Mesin itu disebut telah diuji dan dites jalan dengan melalui 24 jenis jalan yang ada di Indonesia. Pengujian menggunakan fasilitas internal mesin 1.000cc turbo itu sangat efisien bahan bakar dan mampu mencatatkan konsumsi BBM rata-rata 18 km/liter.

3 Keunggulan Mobil Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah salah satu mobil terlaris di Indonesia. Bahkan mobil ini juga mendapat julukan mobil sejuta umat, karena saking kerapnya wara-wiri di jalanan.

Salah satu faktor kenapa Toyota Avanza laris tentu selain dari ketersediaan sparepart yang melimpah, juga harganya dianggap terjangkau.

Sekadar informasi, Toyota Avanza pertama kali diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 2003 silam. Masih eksis hingga tahun ini, tentu sudah banyak ubahan di Avanza dibanding generasi awalnya dulu.

Toyota Avanza berhasil kembali menjadi penguasa pasar mobil keluarga 7-penumpang murah alias Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sepanjang 2020. Selain harganya yang terjangkau, berikut merupakan beberapa keunggulan dari mobil Toyota Avanza.

Eksterior Toyota Avanza

Perubahan desain Toyota Avanza berangsur-angsur berubah, selama 10 tahun terakhir ini. Pada awal munculnya, mobil ini tampil dengan sempurna dan lebih mementingkan fungsinya dibanding desainnya. Namun, pihak produksi pun mengubah tampilannya, hingga kemudian mobilnya menjadi lebih stylish dan elegan sehingga lebih diminati oleh konsumen.

Performa Toyota Avanza

Saat ini, mesin yang digunakan oleh Toyota Avanza adalah Variable Valve Timing Injection atau VVT-I. bahkan, di generasi terbaru berubah performa menjadi dual VVT-I. Hal inilah yang membuat berkendara dengan mobil ini terasa berbeda dari setiap generasinya.

Keamanan Toyota Avanza

Fitur keselamatan mobil Toyota Avanza saat ini lebih lengkap. Seperti adanya kunci dengan immobilizer. Sistem kunci ini sangat penting dan fungsinya mesin akan merespon untuk bisa di starter jika menggunakan anak kunci yang memiliki kode sama dengan sistem kode di mesin. Hal ini tentu lebih menjamin tingkat keamanan mobil dari resiko kemalingan.

SYM Jet X 150 penantang pcx diindonesia

SYM meluncurkan varian baru. Berlabel Jet X 150 dan baru dirilis di Malaysia. Pabrikan sepeda motor asal Taiwan menghadirkan skutik gambotnya itu dengan segudang fitur dengan gaya sporty dan agresif. Ada dua versi yang ditawarkan yakni Jet X 150 Edisi Standar seharga RM8.888 atau sekitar Rp 30 jutaan.

Jet X 150 menawarkan gaya futuristik. Dan punya desain yang mencerminkan skutik premium. Di beberapa sektor bodinya dibumbui dengan sentuhan garis tegas dengan siku tajam. Bagian depan terdapat winshield tinggi nan besar.

Bahan kasar warna hitamnya itu dibuat besar. Bahkan pijakan kaki pengendara dari depan hingga belakang dibikin persis. Sedang footpeg untuk pengendara dirancang bisa dilipat. Secara estetika jadi terlihat rapi. Dan lagi-lagi, komponen itu mengikuti yang diterapkan Honda pada skutik premiumnya.

Untuk jantung pacunya menggendong mesin 149,6 cc berpendingin cairan, dengan injeksi bahan bakar dan pendingin cairan serta sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Dirinya mampu menghasilkan 12,3 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 12 Nm pada 6.000 rpm.

seluruh produk SYM di Indonesia dijual melalui distributor utama atau Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) PT MForce Indonesia. Unit yang telah mengaspal di sini sudah ada Attila Venus 125 cc, Jet 14 168 cc, Joyride 200 cc, GTS New 200 cc, Maxsym 400 dan 600 cc serta Cruisym 300 cc.

mitsubishi pajero harga 600 jutaan

Mitsubishi Pajero Final Edition resmi mendarat di pasar Australia. Negeri Kanguru mendapatkan jatah 800 unit mobil SUV legendaris yang sudah tidak lagi diproduksi itu. Di Australia, Mitsubishi Pajero Final Edition ditawarkan dengan harga mulai AUD 54.990 atau setara Rp 608,7 juta.

Diproduksi sejak 1982, Mitsubishi Pajero meraih sukes besar pada ajang Reli Dakar periode 1985 sampai 2007, dengan meraih 12 kemenangan. Ini termasuk tujuh kemenangan beruntun dari 2001 sampai 2007.

produksi pabrik Pajero di Jepang terjadi pada 1992 saat berhasil memproduksi 174.908 unit kendaraan. Sementara ekspor terbesar tercatat pada tahun 2000, ketika 129.198 kendaraan dikirim ke berbagai negara di dunia.

Mitsubishi Pajero Final Edition ditawarkan dalam varian GLX, GLS, dan Exceed. Tipe GLX yang memiliki tujuh kursi, fitur limited-slip differential, Apple CarPlay, dan layar sentuh infotainment tujuh inci yang kompatibel dengan Android Auto dan kamera mundur, dibanderol mulai AUD 54.990 atau setara Rp 608,7 juta.

Final Edition ditenagai mesin turbo diesel empat silinder 3,2 liter yang menghasilkan tenaga 189 dk dan torsi 441 Nm. Mesin itu dipadu sistem gearbox otomatis INVECS-II lima kecepatan dan sistem penggerak semua roda (All Wheel Drive) Super Select II.

mobil cina chery kembali diindonesia

Chery, siap kembali ke Indonesia. Hal itu diumumkan langsung di akun media sosial Instagram resmi Chery Motors Indonesia.

Dua contoh merek mobil China itu adalah Wuling dan DFSK. Namun sebelum Wuling dan DFSK meramaikan pasar mobil di Tanah Air, ada nama Chery yang pernah meniagakan produk mobilnya mulai 2006 lalu.

Sejak 2016, merek ini tidak terdaftar lagi sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Selama 10 tahun berkiprah di Indonesia, penjualan Chery juga tidak bagus.

Chery membukukan penjualan sebanyak 853 unit. Penurunan penjualan Chery mulai terasa pada tahun 2009, penjualan Chery mulai merosot setengah saat itu menjadi hanya 407 unit. Kemudian naik lagi menjadi 528 unit pada 2010.

pada 2013-2015 tak ada mobil Chery yang terjual. Hingga pada tahun 2016, nama Chery tak lagi ada dalam penjualan Gaikindo.

memperlihatkan sebuah mobil Chery jenis SUV, disertai caption yang menyatakan komitmen Chery untuk menghadirkan teknologi canggih untuk konsumen mobil di Indonesia.

larangan mudik tidak menghambat penjualan mobil

Di Banjarmasin dan Banjarbaru, menjelang lebaran permintaan mobil baru terus meningkat. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) maupun perusahaan distributor telah merilis beberapa varian mobil baru selama tahun 2021 berjalan.

meluncurkan varian baru kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Raize dengan harga di bawah Rp 300 juta. Sejak tanggal 30 April lalu, pabrikan Toyota mengenalkan Toyota Raize, yang disambut pasar dengan baik. Secara nasional tipe tertinggi GR Sport menjadi varian yang paling laris.

Toyota Raize hingga tanggal 6 Mei 2021 atau 6 hari setelah diluncurkan tembus 1.269 unit.

Sebab masa-masa pandemi berpergian lebih enak naik mobil sendiri. Selain itu sekarang banyak mobil-mobil baru dibanderol dengan harga yang terjangkau, apalagi jenis SUV.

Meskipun mudik dilarang masyarakat pasti tetap berpergian mengunjungi sanak saudara atau sekadar ke pusat perbelanjaan bersama pada hari raya Idulfitri.

suzuki GSX-S1000 resmi dirilis

Suzuki akhirnya resmi merilis GSX-S1000 2021 secara global Dibanding model sebelumnya, ia terlihat lebih agresif berkat desain yang benar-benar baru. Membuat bodinya tampak lebih berotot dan futuristik. Ubahan paling menonjol dari bentuk headlamp-nya.

dibanderol US$ 15.190,28 atau setara Rp 219 juta Transformasi ubahan desainnya sangat cerdas. Sekarang GSX-S1000 menggunakan LED proyektor yang terbagi menjadi 2 sisi atas dan bawah. Desain fascia-nya terlihat jadi agresif. Untuk pemanis disematkan pula DRL minimalis pada bagian atas lampu utama.

Mesinnya masih mengambil basis GSX-R1000 K5 model lama. Hanya dikembangkan sedikit untuk meningkatkan emisi tanpa mengurangi performa. Akarnya mungkin kembali ke 2005, tetapi K5 secara luas dianggap sebagai titik tertinggi dalam sejarah GSX-R1000.

GSX-S1000 2021 menggunakan suspensi depan berjenis upside down. Dipadukan dengan monoshock pada bagian belakang Depannya gunakan kaliper radial monoblok dari Brembo dan didukung dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System).

Dirinya ditawarkan dengan tiga pilihan warna; MotoGP-style blue and silver combo, abu-abu dan versi serba hitam.

All-New Honda Civic Sedan 2022

Honda yang memperkenalkan All-new Civic sedan model terbaru di Amerika Serikat. Wujud prototypenya dipertunjukkan November tahun lalu. Terlihat jelas versi produksi dengan tak banyak penyesuaian di desain. Tapi yang lebih penting, memamerkan filosofi baru, sekaligus peningkatan sasis, powertrain dan ragam teknologi lain.

Tidak seperti Civic generasi 10 yang tampak sibuk diisi banyak tarikan garis. Honda berusaha mengisi tubuh all-new Civic sedan dengan lekukan-lekukan lebih minimalis. Menyederhanakan lenggokan tegas, tercipta karakter dewasa dan matang.

Kesan pipih juga didapat dari trek roda lebih lebar. Ini pun untuk menyiasati headlamp dan fender melebar agar konsep streamline tidak hilang. Profil mengalir pun tak terputus sampai pilar C saja. Kesan fastback masih ada mirip juga seperti Accord.

Honda sengaja merancang All-new Civic makin kaku. Caranya memakai material besi dan alumunium yang ditingkatkan rigiditasnya hingga 8 persen. Demi mencapai pengendaraan lebih menggugah dan makin aman.

All-new Honda Civic Sedan keluar dari lantai pabrik Honda di Alliston, Ontario, Kanada. Penjualannya baru mulai pertengahan tahun ini, diikuti versi hatchback sebulan kemudian. Mengingat Honda Civic sekarang adalah model global.